5 Produk Asuransi Penting yang Perlu Anda Miliki, Apa Saja?


 

Asuransi

Terlepas dari embel-embel yang dilekatkan, pada dasarnya produk-produk asuransi merupakan produk keuangan yang didesain sebagai proteksi terhadap risiko kerugian finansial yang bisa terjadi karena adanya ketidakpastian di masa depan.

Lalu, apa saja ya jenis-jenis produk asuransi yang bisa Anda temukan di pasaran? Dari banyak jenis yang ada, berikut adalah 5 produk asuransi penting yang perlu Anda miliki dan dapat Anda jadikan sebagai proteksi dasar dalam kehidupan. Apa saja?

1.    Asuransi jiwa

Jenis produk asuransi yang satu ini menyediakan proteksi terhadap risiko kematian yang menimpa pemegang polis. Jangka waktu perlindungannya beragam, bisa jadi berjangka mulai dari 5 tahun, sampai dengan seumur hidup yang bahkan bisa mencapai 100 tahun, bergantung pada kebijakan perusahaan asuransi.

Dengan asuransi jiwa, Anda sebagai pemegang polis dapat menunjuk penerima manfaat (beneficiary) yang akan menerima death benefit atau manfaat kematian jika Anda meninggal dunia saat asuransi masih aktif atau in force.

2.    Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang menyediakan perlindungan dari risiko kesehatan, yaitu penyakit. Anda bisa temukan beragam pilihan produk asuransi kesehatan dengan skema dan manfaat yang bervariasi, sehingga Anda bisa pilih sesuai dengan kebutuhan.

Sederet manfaat yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan meliputi manfaat rawat inap, rawat jalan, gigi, persalinan, kacamata, dan lainnya. Selain itu, ada juga asuransi kesehatan yang secara spesifik memberikan proteksi dari risiko penyakit kronis, yaitu asuransi penyakit kritis.

3.    Asuransi kendaraan

Asuransi kendaraan biasanya tersedia untuk mobil. Jenis asuransi yang satu ini penting karena adanya resiko yang bisa menimpa pengemudi dan/atau penumpang, maupun risiko kerusakan pada kendaraan, yang disebabkan oleh kecelakaan di jalan.

Biasanya, asuransi mobil ditawarkan dalam dua pilihan, yaitu asuransi mobil all risk yang akan menanggung segala jenis risiko besar maupun kecil hingga kendaraan hilang, dan asuransi mobil total loss only (TLO) yang proteksinya terbatas hanya pada kecelakaan besar dengan kerusakan lebih dari 80% dan risiko kendaraan hilang.

4.    Asuransi pendidikan

Secara garis besar, asuransi pendidikan bekerja dengan cara serupa dengan tabungan dengan tujuan khusus yaitu untuk menjamin kelangsungan dan kepastian pendidikan buah hati Anda. Mengingat bahwa biaya pendidikan terus meningkat dari tahun ke tahun, asuransi pendidikan akan menjadi sebuah bentuk investasi yang sangat bermanfaat bagi Anda yang telah memiliki buah hati.

Produk asuransi pendidikan saat ini bahkan sudah umum digabung dengan produk tabungan di bank secara otomatis. Dengan begitu, prosesnya tentu akan lebih mudah dan simpel, kan?

5.    Asuransi properti

Sementara itu, jenis produk asuransi yang satu ini dapat melindungi properti Anda – berupa rumah dan bangunan – dari berbagai risiko kerusakan. Risiko yang ditanggung pun termasuk risiko kerusakan karena bencana alam, misalnya kebakaran.

Asuransi properti tak hanya tersedia untuk bangunan jadi dan yang telah ditempati, tapi juga bisa Anda beli untuk melindungi properti Anda yang masih berada di dalam proses pembangunan. Jadi, perusahaan asuransi lah yang akan menanggung biaya apabila risiko kerusakan terjadi.

 

Apabila Anda saat ini sedang bingung memilih ingin membeli produk asuransi yang mana, kelima jenis produk di atas bisa jadi pilihan awal Anda, terutama asuransi jiwa dan kesehatan yang tentu penting bagi diri Anda dan keluarga. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar