4 Fungsi Utama Cloud Computing

Hypernet

Menurut situs jurnal.id, sejarah penyimpanan cloud sudah ada sejak tahun 90-an dan terus berkembang hingga akhirnya muncul terobosan baru bernama cloud computing pada sekitar tahun 1999. Sejak itu, perusahaan cloud computing Indonesia mulai bermunculan dan salah satunya adalah hypernet.

Fungsi Cloud Computing

Perusahaan yang menyediakan layanan ini biasa disebut sebagai penyedia cloud. Secara sederhana, cloud computing memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan teknologi baru tanpa harus memiliki keahlian untuk menggunakannya. Sejumlah fungsi dari cloud computing sendiri adalah sebagai berikut:

1.     Menyimpan Data di Satu Tempat

Cloud computing menawarkan penyimpanan berbagai jenis data dan file di satu tempat yang sama dan data-data ini dapat diakses, di edit, diperbarui, dibagikan, serta dihapus kapan dan dimana saja dari jarak jauh (secara virtual) oleh para pengguna.

2.     Back Up Data

Back up data manual sering kali rumit dan memakan waktu, karena harus mengumpulkan seluruh data, mengirimkannya ke satu tempat penyimpan yang sama (CD, flashdisk, microSD, atau lainnya), dan harus memastikan bahwa seluruh data-data benar-benar sudah di back up tanpa ada satupun yang terlewat.

Terutama bagi perusahaan besar, mengamankan data dengan cara membuat back up sangat penting untuk melindungi bisnis yang dijalankan, jadi mau tidak mau perusahaan harus tetap melakukan back up.

Tapi jangan khawatir, karena dengan bantuan penyedia cloud, tugas rumit yang kadang membuat pusing ini tidak perlu dilakukan, karena salah satu tugas terpenting dari penyedia cloud adalah melindungi data-data pelanggan dan memastikan bahwa seluruhnya sudah dicadangkan di satu tempat yang aman.

Jadi jika suatu saat ada skenario buruk yang terjadi pada pihak perusahaan penyedia cloud atau perusahaan yang menjadi pelanggan, misalnya terkena musibah kebakaran atau bencana alam, maka pelanggan tidak akan kehilangan data-data pentingnya.

Pemulihan data-data ini biasanya membutuhkan waktu yang tidak lama dan seringkali tidak memungut biaya tambahan kepada pihak pelanggan. Namun tergantung juga pada kebijakan masing-masing perusahaan penyedia cloud.

3.     Menyediakan Ruang Penyimpanan yang Besar

Menurut informasi dari situs web caraguna.com, salah satu fungsi cloud computing adalah menyediakan banyak ruang penyimpanan.

Terutama untuk perusahaan besar, fungsi yang satu ini tentu sangat dibutuhkan karena pastinya perusahaan memiliki berbagai macam data dengan jumlah sangat banyak yang harus disimpan di satu tempat yang sama agar mudah untuk diakses.

Singkatnya, perusahaan tidak perlu menyiapkan banyak media penyimpanan fisik, serta tidak perlu khawatir akan kehabisan ruang karena kapasitas cloud computing dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan (bisa ditambah dan dikurangi kapan saja, dan harga berlangganan akan menyesuaikan).

4.     Menyediakan Akses Cepat dan Tidak Ribet ke Berbagai Data

Sebagian besar data-data di dalam cloud computing dapat diakses dengan cepat, kapan dan dimana saja. Bahkan ketika data-data tersebut cukup besar, cloud computing dapat menyediakannya hanya dalam hitungan menit dan hanya dengan beberapa klik.

Pertimbangkan cloud computing sebagai tempat penyimpanan data-data penting namun dengan biaya yang lebih murah. Pastikan untuk hanya memilih penyedia cloud yang profesional, berpengalaman, dan dapat dipercaya seperti hypernet.co.id.

 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar