Jangan Khawatir Gula Darah Menurun Saat Diet , Berikut 7 Buah Menurut SehatQ.com Yang Bisa Anda Konsumsi

Alpukat

Gula darah merupakan suatu kadar glukosa di dalam darah. Kadar glukosa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Beberapa kasus saat diet malah menyebabkan pasokan glukosa dalam darah menurun. Untuk menyiasati hal itu, banyak konsultan diet menyarankan mengkonsumsi makan sehat seperti buah. Apa saja contoh buahnya? Simak ulasannya berikut ini!


Khasiat Buah Ini Dapat  Menjaga Kadar Glukosa


1. Avocado

Kandungan yang baik seperti lemak, serat, vitamin dan mineral terkandung dalam buah ini. Pakar kesehatan menganjurkan untuk mengkonsumi buah alpukat agar dapat menjaga kadar glukosa pada tubuh. Selain itu, alpukat memiliki manfaat melindungi dari sindrom metabolik , seperti tekanan darah tinggi dan resiko penyakit kronis.


2. Apel

Kandungan seperti quercetin, asam klorogenat dan asam galat dalam buah apel dapat membantu menjaga gula darah serta melindungi dari penyakit diabetes. Sebuah penelitian menguji 187 ribu orang, yang memberikan bahwa dengan mengkonsumsi buah-buahan salah satu diantaranya yaitu apel, dikorelasikan dengan resiko diabates tipe 2 yang jauh lebih rendah.


3. Beri

Kandungan buah beri yang kaya serat, vitamin, mineral dan antioksidan menjadi pilihan orang yang sedang menjalani diet dan orang dengan gula darah tidak terkontrol. Sebuah penelitian yang membahas tentang makan sehat di tahun 2019, meneliti bahwa makan 250 gram raspberry atau setara dua cangkir, secara signifikan dapat mengurangi insulin penderita pradiabetes.

Penelitian lebih lanjutkan menyebutkan bahwa konsumsi buah-buahan seperti stroberi, blueberry, dan blackberry setiap harinya, dapat memberikan dampak positif untuk mengontrol kandungan glukosa, meningkatkan pembersihan glukosa atau zat gula yang larut dalam darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada tubuh.


4. Jeruk

Tahukah Anda bahwa jeruk termasuk kedalam buah glikemik rendah? Jeruk dianggap sebagai buah dengan glikemik rendah karena tidak berpengaruh pada kandungan glukosa dalam darah. Hal tersebut tidak sebanyak buah lainnya, seperti semangka dan nanas. Juga mengandung serat dan senyawa naringenin, polifenol yang bersifat antidiabetik yang bagus.

Orang yang rutin mengkonsumsi jeruk setiap harinya dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan melindungi dari perkembangan diabates. Jeruk juga kaya akan asam folat dan kalium yang dapat menjaga tekanan darah. Selain mengkonsumsi buah jeruk, Anda juga bisa mengkonsumsi ragam buah dengan kandungan sitrus lainnya seperti lemon dan jeruk bali.


5. Kiwi

Buah kiwi mengandung kalium, serat, vitamin C untuk tubuh. Selain jeruk yang memiliki kandungan nilai glikemiks yang rendah, kiwi juga memiliki kandungan gilkemiks yang rendah. Makan sehat berupa kiwi sangat aman untuk glukosa darah serta biasa menjadi menu diet penurun berat badan. Kalori yang terkandung dalam 1 kiwi besar sebesar 56 kalori dan 13 gram karbohidrat.


6. Mangga

Kandungan mangiferin yang terkandung pada mangga memiliki manfaat mengurangi kadar glukosa tubuh. Serat pada mangga tergolong tinggi. Hal tersebut bermanfaat untuk pencernaan Anda agar bekerja kian optimal. Biasanya pasien penderita diabetes dibolehkan untuk mengkonsumsi mangga karena mengandung vitamin A dan C yang bagus untuk menjaga sistem imun.


7. Pir

Pir juga salah satu buah yang mengandung indeks kadar glikemik rendah. Pir mengandung flavonoid yang berfungsi menjaga glukosa darah pasien program diet. Penelitian Center for Disease Control and Prevention (CDC) memberikan review, pasien yang mengkonsumsi pir 5 buah setiap hari, kadar diabates yang terkandung dalam tubuhnya signifikan menurun.


Itu tadi beberapa contoh buah yang dapat menjaga produksi glukosa darah. Sebenarnya, ada banyak jenis buah yang aman dikonsumsi bagi pasien seperti pasien diabetes atau pasien dengan program diet. Jika Anda sedang menjalani program diet, pastikan tetap makan sayur, olahraga, dan istirahat yang cukup agar makin optimal dan tidak menurunkan produktivitas.

  

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar