Ingin Tahu Tempat Wisata Bersejarah Di Surabaya? Yuk Cek Disini!

 
Kawasan Jembatan Merah

Surabaya merupakan salah satu daerah yang terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Hal ini menjadikan Kota Surabaya sebagai ibu kota Provinsi Jawa Timur. Surabaya juga menawarkan banyak wisatanya yang beragam. Mulai dari Tempat wisata di Surabaya yang bernuansa alam, wahana hiburan, dan juga sejarah. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata bersejarah Surabaya.

Berbagai Macam Tempat Wisata Surabaya yang Bersejarah

1. Gedung Siola

Destinasi wisata bersejarah Surabaya yang pertama adalah Gedung Siola atau yang disebut juga dengan Museum Surabaya. Museum megah yang terletak di Jalan Tunjungan ini terkenal dengan nama White Laidlaw. Gedung ini juga merupakan sebuah perusahaan perdagangan yang bergerak dalam bidang konveksi dan tekstil dari Inggris.

Disamping mempunyai desain bangunan yang artistik, Gedung Siola ini termasuk salah satu tempat yang bersejarah. Pasalnya, gedung tersebut menjadi saksi bisu sebagai bangunan pertahanan ketika melawan para sekutu. Sebelum dijadikan museum, tempat wisata di Surabaya ini dulunya juga pernah menjadi pusat perbelanjaan modern pada masa setelah kemerdekaan.

Terdapat banyak koleksi foto-foto pada zaman dahulu yang berjajar apik di dinding museum tersebut. Dengan begitu, anda dapat berlibur sambil belajar mengenai perjalanan sejarah di Kota Surabaya ini. Hal ini bisa anda jadikan pertimbangan, jika anda akan menghabiskan waktu luangnya bersama keluarga dan anak-anak.

2. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan bisa dikatakan sebagai ikon dari Kota Surabaya sendiri yang menjadikan tempat bersejarah tersebut sangat populer. Letaknya yang berada di pusat kota tersebut juga memudahkan para pengunjung dari berbagai kota untuk dapat menjangkaunya. Selain itu, tugu yang dibangun dengan megah dan berwarna putih ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat foto.

Perlu anda ketahui bahwa tempat wisata di Surabaya yang satu ini dulunya dibuat untuk memperingati momen pertempuran 10 November 1945 yang akhirnya diresmikan sebagai hari Pahlawan pada setiap tahunnya. Oleh karenanya, terdapat juga museum pahlawan yang bisa anda kunjungi. Pastinya anda akan menemukan banyak koleksi bersejarah yang bisa menambah ilmu pengetahuan anda.

3. Monumen Kapal Selam

Surabaya juga masih mempunyai tempat wisata bersejarah lainnya yang berada dekat dengan pusat kota yaitu Monumen Kapal Selam. Keberadaan kapal selam tersebut bukan tanpa sebab, namun ada cerita asal muasalnya. Pada zaman sebelum kemerdekaan, kapan ini dipakai untuk armada pertempuran di Laut Aru sehingga masih ada sejarah yang sangat melekat pada monumen tersebut.

Hal yang menarik pada Monumen Kapal Selam ini, anda bisa memasuki ke bagian dalam kapalnya. Bahkan dengan mengunjungi salah satu tempat wisata di Surabaya yang bersejarah ini, anda juga dapat menonton film tentang proses pertempuran yang terjadi di Laut Aru tersebut.

4. Kawasan Jembatan Merah

Wisata bersejarah Surabaya yang selanjutnya adalah Jembatan Merah. Jembatan yang satu ini dulunya menjadi salah satu kawasan yang paling sibuk khususnya pada zaman penjajahan Hindia Belanda. Hal ini disebabkan oleh seluruh pusat kepemerintahan dan perdagangan terletak di wilayah ini setelah adanya perjanjian Paku Buwono II dengan VOC.

Jembatan Merah ini dibangun agar dapat menghubungkan antara daerah Surabaya Timur dengan Surabaya Barat yang dipisahkan oleh Sungai Kalimas. Saat berkunjung ke daerah ini, anda akan menemukan bangunan-bangunan yang masih terjaga keaslian desainnya. Oleh karenanya, kawasan ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai tempat hunting foto anda.

Surabaya adalah kota yang banyak sekali menyimpan tempat-tempat wisata bersejarah. Dari ulasan diatas, tentunya masih banyak lagi destinasi yang terkenal akan cerita sejarahnya. Jadi, kota ini sangatlah cocok dijadikan sebagai pilihan wisata yang tepat untuk dikunjungi apabila ingin sekaligus belajar mengenai sejarah kehidupan Surabaya di masa lalu.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar