Jenis Jenis Investasi yang Umum di Indonesia

 

Investasi

Bisnis menjadi salah satu aktivitas manusia untuk mendapat pundi-pundi uang supaya menyambung hidup. Selain bisnis ada juga yang melakukan investasi baik yang beresiko besar maupun minim resiko. Bagi sebagian kecil masyarakat awam, masih bertanya-tanya perihal apa itu investasi? Simak penjelasan dan jenis-jenis investasi berikut ini.

Jenis Investasi Populer dan Praktis di Indonesia

Pengertian investasi merupakan upaya menanamkan modal agar memperoleh keuntungan di masa mendatang. Modal awal yang dialokasikan bisa berbentuk uang maupun sumber daya. Jenis-jenis investasi Indonesia sangat beragam, dari skala kecil hingga besar. Berikut ini investasi paling umum dilakukan oleh masyarakat.

1. Deposito

Deposito merupakan salah satu produk investasi dari bank yang paling aman. Terutama bagi kamu yang baru memasuki dunia investasi dan menghindari resiko. Sebab, semua produk deposito diawasi oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. Hasil keuntungan dari bunga yang bisa didapatkan juga terhitung sejak awal pembukaan deposito. Namun, keuntungan bunga yang didapat relatif kecil.

2. Saham

Ada juga investasi saham yang menjadikan pemiliknya memegang kekuasaan atas perusahaan. Saham merupakan bukti kepemilikan atas badan usaha tertentu atau perusahaan. Keuntungan investasi satu ini didapat dari dividen yakni pembagian hasil secara berkala.

Cara membeli saham maupun jadi investor saham cukup mudah. Kamu bisa langsung membelinya di bursa efek. Ketika investasi awal saham tidak harus menggelontorkan modal besar supaya memperoleh keuntungan. Hanya saja bagi kamu yang berinvestasi saham harus menghadapi berbagai resiko kenaikan dan penurunan setiap waktu.

3. Obligasi

Investasi yang populer di negeri ini dan memiliki banyak peminat adalah obligasi. Menurut OJK, surat obligasi cukup aman, apalagi kini ada obligasi dari pemerintah bernama ORI atau Obligasi Ritel Indonesia. Dilihat dari keuntungan yang diperoleh dari pemegang obligasi ini lebih tinggi daripada menyimpan deposito.

4. Reksadana

Investasi lainnya di atas deposito dan obligasi adalah reksadana. Sistem pencairan keuntungan reksana pun serupa dengan likuiditas emas. Reksadana juga tergolong aman dengan keuntungan yang menjanjikan. Asalkan kamu tahu bagaimana cara menempatkan dana ke dalam reksadana yang tepat.

5. Properti

Ada investasi properti yang terbilang sudah mendarah-daging bagi pengusaha Indonesia. Bayangkan saja keamanan terjamin, kepemilikan berwujud, dan keuntungannya terus meningkat. Sementara, resiko yang mungkin diterima cenderung minim.

Properti yang dimaksudkan berupa rumah, apartement, ruko, toko, dan tanah. Banyak orang yang menjual kembali properti seperti perumahan maupun ruko ataupun menyewakannya. Hanya saja modal awal yang perlu disiapkan untuk berinvestasi properti cukup besar.

6. Logam Mulia atau Emas

Logam mulia atau emas selalu mendatangkan keuntungan, terlebih lagi harganya relatif stabil dan setiap tahun naik. Modal awal bagi kamu yang hendak berinvestasi emas juga relatif kecil. Selain itu likuiditasnya mudah alias bisa langsung diuangkan lagi. Supaya simpanan emas aman dan tidak dicuri bisa meletakkan dalam deposit box di bank tepercaya maupun pegadaian.

Keenam investasi ini banyak dilakukan dalam masyarakat dengan perolehan keuntungan serta resiko berbeda. Ayo belajar belajar investasi sejak dini supaya kelak dapat merasakan manfaatnya. Jangan lupa sebelum berinvestasi memahami strategi terlebih dahulu.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar