Kelebihan dan Kekurangan Tinggal Di Perumahan Jakarta Timur


Kelebihan dan Kekurangan Tinggal Di Perumahan Jakarta Timur

Perumahan di jakarta timur memang menjadi perumahan hunian idaman untuk sebagian besar orang. Umumnya kompleks-kompleks ini dibangun oleh pengembang atau instansi tertentu. Misalnya perumahan khusus untuk karyawan perusahaan tertentu. Namun kini tidak sedikit juga pengembang yang memasarkan hunian di lokasi perumahan untuk masyarakat umum, tidak saja sebatas untuk karyawan saja.

Perumahan jakarta timur ini terdiri dari rumah-rumah hunian dengan tipe lokasi tinggal tertentu dan lazimnya semua lokasi tinggal hunian dalam satu kompleks mempunyai tipe tempat tinggal yang sama. Meski begitu, bermukim di kompleks tetap ada deviden dan kerugiannya. Apa saja keunggulan dan kerugiannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Keuntungan bermukim di perumahan jakarta timur

1.       Dilihat dari segi interaksi sosial, mayoritas penghuni tempat tinggal di kompleks mempunyai jalinan interaksi sosial yang baik antara sesama penghuni (tetangga) lainnya. Umumnya penghuni tempat tinggal yang satu dengan penghuni lainnya telah saling mengenal dengan baik.

2.       Karena mayoritas penghuni perumahan jakarta timur sudah saling mengenal dengan baik, sesama penghuni seringkali gemar mengerjakan kegiatan bareng seperti rapat RT tiap minggunya, arisan tiap minggu, menyelenggarakan sekian banyak kegiatan untuk ibu-ibu dan anak-anak, dan masih ada beragam kegiatan yang dilaksanakan antar sesama penghuni di kompkeks perumahan.

3.       Kelebihan lainnya bermukim di perumahan ialah masih adanya keyakinan yang diserahkan pada tetangga rumah. Sebagai contoh, tetangga sering dimintai bantu untuk menjaga anak sedangkan orang tuanya bekerja di kantor, dan masih ada beberapa contoh pemberian keyakinan lainnya.

4.       Tata perumahan jakarta timur teratur. Coba kita bandingkan dengan lokasi perkampungan yang bila disaksikan secara borongan tata letak rumah-rumah semua warga tidak tampak rapi. Berbeda dengan kompleks yang mana tipe rumahnya saja nyaris semuanya sama dan sistem sanitasi sehingga mendapatkan perhatian tambahan dari semua penghuninya.

Kerugian bermukim di perumahan

1.       Dilihat dari segi keamanan, lazimnya kompleks mempunyai sistem ketenteraman yang tidak cukup memadai. Dengan kata lain, tingkat keamanannya tidak cukup ketat. Namun ada  kompleks yang telah dilengkapi dengan petugas keamanan.

2.       Biasanya ada atau tidaknya petugas keamanan ini di sebuah komplekssangat tergantung pada inisiatif semua warga perumahan tersebut. Tingkat keamanan yang rendah pun didukung oleh banyaknya akses keluar-masuk yang lumayan banyak. Umumnya kompleks mempunyai akses yang terhubung dengan lokasi perkampungan.

3.       Kelemahan lainnya bermukim di perumahan ialah fasilitas umum yang tidak cukup lengkap. Mengapa? Karena kompleks kompleks dibangun bukan untuk destinasi komersil, melainkan melulu untuk area lokasi tinggal saja.

4.       Sayangnya, kompleks-kompleks ini mempunyai area bermain yang terbatas. Karena lahannya yang tidak terlampau luas, ruang publik layaknya area bermain, taman, dan lapangan tidak mendapatkan lokasi untuk dibangun. Meskipun ada, luasnya tak seberapa.

5.       Kelemahan yang terakhir ialah para penduduk penghuni kompleks rawan terkena konflik. Hal ini diakibatkan oleh rasa kenal dan hubungan sosial yang dekat yang lantas masing-masing penghuni rumah memahami persis segala hal semua tetangganya.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar