5 Spot Kecil Ini Bisa Mempengaruhi Tampilan Rumah Secara Signifikan


Kita tak perlu membeli bergalon-galon cat untuk memberikan sentuhan baru yang menakjubkan di dalam rumah.

Ketika perubahan warna diterapkan pada bagian tertentu di dalam rumah, maka dampaknya pun bisa menjadi amat dramatis.

Khususnya ketika kita memilih kombinasi warna dengan kontras yang tinggi, maka perubahan warna pada bidang kecil pun bisa mendatangkan dampak yang besar.

Nah, jika kamu mendambakan hasil yang menakjubkan dengan biaya yang lebih hemat, cobalah untuk mengubah warna pada spot-spot kecil di bawah ini.

1. Pegangan tangga
Mengganti warna pada pegangan tangga ternyata dapat membuat tampilan rumah berubah secara drastis.

Terutama jika posisi tangga itu memang berada di areal yang pertama kali dilihat ketika kita memasuki rumah. 

Jadi, daripada mencoba mengecat seluruh ruangan atau seluruh tangga, pertimbangkan untuk mengganti warna pegangan tangga.

Jelas, bagian ini membutuhkan lebih sedikit selotip masking, dan juga tentu saja lebih sedikit cat.

2. Bawah meja dapur
Jika dapur di rumah dilengkapi dengan meja tambahan (kitchen island), maka baik dipertimbangkan untuk mengganti pelapis bagian samping dari meja tersebut, atau bahkan mengganti warnanya. 

Trik ini berguna untuk memicu perubahan secara visual dengan cara yang minimalis. Pilihlah warna yang kontras dengan warna lemari dapur yang telah ada. 

Lalu, jangan lupa, pilih cat semi-gloss, yang akan memudahkan kita untuk menghapus goresan atau lecet akibat benturan saat aktivitas di dapur. 

Goresan rentan timbul jika meja di tengah dapur tersebut dilengkapi dengan kursi tinggi seperti di bar, yang berfungsi sebagai meja makan tambahan.

3. Kusen jendela .
Untuk efek yang benar-benar menarik, cobalah mengganti warna kusen jendela dengan cat baru. 
Kita bisa memakai warna kontras atau warna yang selaras dengan warna dinding.

Misalnya, jika dapur berwarna abu-abu muda, maka kusen jendela bisa memakai wana abu-abu tua. Kombinasi semacam ini bakal menambah kesan baru di dalam ruangan. 

4. Belakang pintu utama
Kita tentu patut mempertimbangkan pilihan warna untuk pintu depan rumah secara seksama dan berhati-hati.

Sebab, pilihan warna pintu masuk utama itu bakal memengaruhi nilai properti. Terlebih pintu ini merupakan hal pertama yang dilihat tamu saat datang.

Tetapi bagaimana dengan bagian belakang pintu itu?

Bagaimana pun, bagian belakang pintu utama merupakan bidang terakhir yang bakal kita lihat sebelum meninggalkan rumah di pagi hari.

Dan, bagian itu pula yang akan menjadi "kesan terakhir" bagi tamu yang datang ke rumah kita.

Jadi, tak ada salahnya untuk membuat pilihan warna yang tak terduga pada bidang di belakang pintu utama. Sepanjang masih selaras dengan dinding dan dekorasi ruang secara keseluruhan.

5. Kusen pintu
Jika rumah kita memiliki kusen, atau lorong tanpa pintu yang dibingkai kusen, maka mengecat bagian itu bisa pula menjadi pilihan.

Warna yang dipakai bisa selaras dengan dinding, namun dengan finishing yang kontras antara bidang tersebut. 

Misalnya, jika dinding dicat dengan warna kulit telur yang flat, maka cobalah mewarnai kusen dengan finishing dengan cat senada namun mengkilap.

Atau, jika ingin menambah kontras, pilihlah warna yang lebih gelap dari warna dinding, atau bahkan warna yang berbeda sama sekali, demi efek yang berani.

Ingatlah, opsi apa pun yang kita pilih, maka kesan di bidang itu akan menjadi zona transisi di dalam rumah.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar